Beranda > Home, Ibu dan Anak, Perempuan > 4 Penyebab Sulit Hamil Pada Ibu

4 Penyebab Sulit Hamil Pada Ibu

Penyebab Sulit Hamil - www.pregnancyandbaby.com

Penyebab Sulit Hamil – http://www.pregnancyandbaby.com

Dhiez.wp.com – Apa saja sih penyebab sulit hamil pada Ibu? Berikut ini 4 masalah yang bisa menghambat kehamilan.

Usia.

Salah satu penyebab sulit hamil lantaran beberapa wanita lebih memilih untuk mendahulukan karier dan menunda pernikahan serta memiliki anak sehingga waktu pun tak terasa terus bergulir dan usia  terus bertambah. Padahal usia merupakan salah satu penentu kesuburan/fertilitas. Kesuburan perempuan akan mengalami penurunan secara bertahap pada usia 27 tahun, dan akan merosot drastis setelah usia 35 tahun. Sebab semakin bertambah usia seorang wanita, jumlah dan kualitas sel telurnya pun akan mengalami penurunan hingga bisa menjadi penyebab sulit hamil.

Obesitas.

Jangan anggap remeh obesitas. Kegemukan bisa menjadi penyebab sulit hamil. Menjamurnya tempat makan siap saji, pola hidup yang tidak sehat, dan kurangnya aktivitas fisik membuat tingkat penderita obesitas meningkat secara drastis. Tak hanya merusak penampilan, berat badan berlebih juga berpengaruh erat terhadap fertilitas dan meningkatkan risiko sulit hamil. Bagi pasien muda dengan bobot tubuh berlebih, biasanya dokter menyarankan pasien untuk melakukan program menurunkan berat badan terlebih dahulu sebelum mencoba hamil.

Tubuh terlalu kurus

Bagi sebagian besar kaum hawa penampilan adalah nomor satu. Terkadang standar untuk penampilan baik adalah memiliki tubuh langsing. Karena alasan ini, tak  jarang banyak perempuan yang melakukan berbagai cara untuk memperoleh tubuh ramping, bahkan terlalu  ramping. Padahal memiliki tubuh yang terlalu kurus juga bisa menjadi penyebab sulit hamil. Mengapa? Kurangnya lemak dapat memperlambat produksi hormon-hormon yang diperlukan untuk proses ovulasi atau pematangan sel telur dan pelepasannya ke saluran indung telur (tuba falopi).

Tingkat stres

Hidup di zaman serbacepat ini tak jarang menggiring diri Anda masuk ke dalam situasi stres. Belum lagi ditambah rasa frustrasi lantaran Anda sulit hamil. Padahal semakin tinggi tingkat stress Anda, semakin Anda sulit hamil. Studi menemukan perempuan yang mengalami peningkatan kadar zat aplha-amilase (pemicu stres) memiliki kemungkinan lebih kecil untuk hamil.

Meski tak bisa terelakan, tapi tingkat stres bisa ditekan dengan cara yoga, akupunktur, meditasi, tertawa bersama pasangan atau sahabat. Atau jika perlu, Anda bisa bergabung ke komunitas ibu hamil agar bisa saling bertukar cerita dan saling menguatkan satu sama lain. Tak hanya menghilangkan stres, Anda juga bisa mendapatkan sahabat baru.

Sumber: 4 Penyebab Mama (Makin) Sulit Hamil

  1. jtxmisc
    Februari 25, 2015 pukul 11:35 am

    keren mas😀 , Abay

  2. jtxmisc
    April 14, 2015 pukul 10:03 am

    konten yg sangat kreatif sekali , Trixy

  3. jtxmisc
    April 17, 2015 pukul 1:20 pm

    btw infonya keren and berguna. , Kita memang harus bisa memanfaatkan semua ini mas, ada peluang harus kita ambil.

  4. jtxmisc
    Mei 10, 2015 pukul 8:39 am

    mantap mas infonya ini, jadi bisa lebih mengetahui tentang dunia ini🙂 , info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: