Beranda > E Lifestyle > Alasan Mengapa Facebook Timeline Mendapat Kritikan

Alasan Mengapa Facebook Timeline Mendapat Kritikan

Facebook Timeline merupakan pengganti dari tampilan Profil Facebook kita lama, bukan hanya profil kita, akhir-akhir ini Facebook juga memberikan fitur ini ke Fans Page Facebook. Tujuan dibuatnya Facebook Timeline ini adalah menampilkan “kisah hidup” kita di Facebook,  seperti status lama, foto-foto yang kita diupload, postingan dari teman kita, dan juga aktivitas-aktivitas lainnya yang ditampilkan secara detail dan menurut saya mendekati keakuratan yang tinggi yang disusun rapi di dalam profil kita.

Dari awal pertama diluncurkannya fitur ini, sudah mendapatkan pro kontra yang beragam dari seluruh pengguna Facebook di dunia ini, tentunya tak terkecuali di Indonesia. Banyak yang bilang tampilan Facebook Timeline ini sangat menarik dan desainnya sangat atraktif, apalagi terdapat sampul profilnya, pas banget untuk ajang narsisme yang kini sedang merajalela di negeri ini, hehehe. Namun ditengah tanggapan positif tersebut, banyak juga yang menanggapinya secara negatif dan terang-terangan menolak fitur terbaru ini.

Seperti kehebohan yang ada di Finlandia, para Facebookers beramai-ramai menghapus akun Facebooknya sesaat setelah mereka mengaktifkan fitur Facebook Timeline. Mereka mempunyai alasan yang sama kenapa akun mereka dinonaktifkan, mereka mengaku tidak suka dengan munculnya entri-entri lama yang membuat mereka gerah. Bahkan ada juga isu para pengguna Facebook banyak yang berlaih ke Google Plus, jejaring sosial milik Google. Jika anda ingin tahu apa kekurangan yang ada di Faecbook Timline, berikut merupakan kekurangan dan kelemahan yang ada di Faceboook Timeline :

1. Menguras Bandwith

Dengan tampilan profil Facebook yang semakin nge jreng dengan bertambahnya fitur seperti cover atau sampul, kronologi status dan aktivitas-aktivitas lainnya secara detail pastinya membuat kecepatan internet kita menjadi menurun, apalagi yang internetnya lemot dan memiliki batas kuota seperti saya ini, hehe.

2. Munculnya entri lama

Seperti apa tujuan fitur Facebook Timeline yaitu menampilkan kisah hidup kita di Facebook, jadi secara otomatis di profil Facebook kita akan muncul entri-entri lama yang mungkin kita akan merasa risih atau malu jika ada teman Facebook kita yang melihatnya. Yahh seperti para pengguna Facebook di Finlandia yang saya beberkan di atas tadi.

3. Menjadi tidak efisien

Kita akan menunggu waktu yang cukup lama untuk bisa mengetahui foto teman, keluarga teman, teman dari teman, informasi yang dulunya dengan mudah kita mengetahuinya. Dengan adanya tampilan Timeline, kita dipersulit aksesnya yang cukup membingungkan dan tentunya tambah lemot.

4. Tidak bisa kembali ke tampilan lama

Jika kita sudah terlanjur mengaktifkan fitur terbaru ini, secara otomatis pula kita seperti terkunci dalam Facebook Timeline, kita tidak bisa lagi menggunakan tampilan Faecebook yang lama yang menurut saya simple dan tidak memberatkan kecepatan internet saya. Jadi mungkin kita akan selamanya akan memakai fitur ini.

Kalau saya sebagai penulis, paling saya tidak suka karena tidak ada fitur no. 4 diatas. Namun 3 lainnya yang diatas, bukan berarti saya suka, tapi “tidak suka” saja. Semoga facebook membaca keluhan ini.

Sumber : Link

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: