Beranda > Otomotif > Soal Motor, Indonesia Nomor 3 Dunia

Soal Motor, Indonesia Nomor 3 Dunia

https://i0.wp.com/media.vivanews.com/thumbs2/2009/06/19/72497_sepeda_motor_300_225.jpg“Pasar sepeda motor nasional akan terus meningkat dengan tingkat pertumbuhan 12,5% – 15%.”

VIVAnews – Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia Gunadi Sindhuwinata mengatakan pasar sepeda motor nasional akan terus meningkat dengan kenaikan 12,5 – 15 persen. Hal ini seiring dengan perkembangan ekonomi nasional, pendapatan masyarakat meningkat, dan rasio kepemilikan sepeda motor yang masih kecil.

“Saya yakin angka 10 juta unit per tahun bisa dicapai sebelum 2014,” ujarnya dalam pembukaan Jakarta Motorcycle Show 2010 di Jakarta Convention Center, Senayan, Rabu 3 November 2010.

Industri sepeda motor Indonesia saat ini menempati peringkat ketiga tertinggi di dunia setelah China yang mencapai 30 juta unit dan India yang mendekati 10 juta unit. Pada tahun ini, pasar motor Indonesia diperkirakan mencapai 7 juta unit. “Bahkan mampu menembus 7,3 juta unit,” katanya.

Sementara itu, meski dianggap sebagai salah satu penyebab kemacetan di Jakarta, Wakil Menteri Perindustrian Alex Retraubun menilai jumlah sepeda motor dalam negeri masih kurang.

Alex mengakui bila sepeda motor dianggap sebagai penyebab kemacetan di Jakarta, “Namun tidak di kota lain. Lihat di Aceh, di situ sepeda motor menjadi kendaraan mayoritas dan tidak memacetkan,” ujar Alex.

“Memang, di Jakarta sepeda motor menjadi penyebab kemacetan, tapi tidak bisa diopinikan sebagai penyebab kemacetan di seluruh Indonesia.”

Mengenai kebutuhan motor dalam negeri yang masih kurang, Alex melihat, pasar sepeda motor Indonesia saat ini baru sekitar 7 juta unit per tahun. Padahal jumlah penduduknya 237 juta.

Meski demikian, menurut Alex perkembangan industri sepeda motor harus dibarengai dengan peningkatan kapasitas jalan, sehingga bisa seimbang tanpa menimbulkan kemacetan. “Ini kan ada potensi pendapatan negara yang besar (dari industri sepeda motor),” katanya.

JMCS 2010 mengusung tema ‘Safety Riding & Eco Friendly” dan akan dimulai hari ini hingga Minggu 7 November 2010. Beberapa produsen papan atas dunia, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki ikut bagian pada acara ini.

• VIVAnews

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: