Beranda > Jateng - DIY > Area Berbahaya Merapi Diperluas Jadi 15 Km

Area Berbahaya Merapi Diperluas Jadi 15 Km

https://i1.wp.com/media.vivanews.com/thumbs2/2010/11/01/98701_erupsi-terbesar-gunung-merapi-tahun-2010_300_225.jpg“Semua warga, termasuk relawan diminta menjauh dari gunung yang sedang muntab itu.”

VIVAnews – Luncuran awan panas ‘wedhus gembel’ sejak pukul 11.30 WIB sampai sekitar pukul 16.00 WIB belum juga selesai. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM memperluas area berbahaya.

“Sejak pukul 16.00 WIB, radius diperluas menjadi di atas 15 kilometer,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Penanganan Bencana dan Sosial Andi Arief dalam akun twitter-nya, Rabu 3 November 2010.

Arean ini harus benar-benar bersih  dari warga, pengungsi, termasuk tim evakuasi. Awalnya, PVMBG melarang bagi siapapun untuk masuk dalam radius maksimum 10 kilometer.

Imbauan ini dikeluarkan karena awan panas sudah muntah dari Merapi hampir sekitar empat jam lamanya. Ini merupakan luncuran terlama sejak letusan pertama yang merenggut sekitar 39 orang pada 26 Oktober 2010. “Semua, tanpa kecuali harus mematuhi PVMBG,” tegas Andi Arief.

Tadi pagi mulai sekitar pukul 07.48 terjadi tiga kali guguran awan panas menuju kali Gendol. Hingga kini jajaran PVMBG dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta terus melakukan koordinasi.

“Saya masih rapat. Tolong jangan sekarang ya,” kata Kepala PVMBG Surono saat dihubungi VIVAnews.com. (umi)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: