Beranda > Jateng - DIY > Aliran Lahar, Ancaman Baru Merapi

Aliran Lahar, Ancaman Baru Merapi

https://i2.wp.com/media.vivanews.com/thumbs2/2010/11/01/98697_letusan-merapi_300_225.jpg“Aliran lahar itu diprediksi masih sangat-sangat panas.”

VIVAnews – Gunung Merapi sedang masuk tahap erupsi untuk membentuk kubah lava di puncaknya. Dalam kondisi hujan seperti ini, ada dua ancaman yang akan terjadi di sekitar Merapi.

“Pertama, awan panas itu sendiri. Kedua, banjir lahar panas di sungai-sungai yang berhulu di Merapi,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Surono, kepada VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 2 November 2010.

Menurut Surono, awan panas masih tetap dikeluarkan oleh Merapi. Dengan suhu mencapai 800 derajat celcius dan kecepatan luncur hingga 300 kilometer perjam, awan panas ‘wedhus gembel’ masih mengancam.

Ancaman kedua adalah guguran lahar yang mengalir ke sungai-sungai akibat hujan. Aliran lahar ke sungai-sungai yang bersumber dari Merapi itu diprediksi masih sangat-sangat panas.

“Kemungkinan ada lahar di seluruh sungai yang berhulu di Merapi. Sungai Gendol, Kuning, Boyong, dan lain-lain,” kata Surono yang sedang berbincang dengan Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Andi Arief.

Menurut Surono, aliran lahar itu mengalir ke segala penjuru. Tetapi, volume tertinggi aliran lahar kemungkinan akan ditampung saluran sungai utama Merapi, yakni Sungai Gendol.

Fase Merapi saat ini dalam tahap pembentukan kubah lava. Lava pijar bersuhu 1.100 sampai 1.300 derajat itu akan membeku dan menjadi kubah di puncak. Sifat gunung-gunung berapi di Indonesia, termasuk Merapi ini berbeda dengan yang ada di Hawaii, Amerika Serikat.

“Tidak seperti di Hawaii yang lavanya bisa mengalir. Merapi magmanya kental, kaya akan gas. Saat naik ke permukaan mengeluarkan gas sulfur dan mengalami pendinginan,” ujar dia.

Dalam kesempatan ini, Andi Arief mengimbau agar masyarakat terutama pengungsi untuk mematuhi segala peringatan yang dikeluarkan. “Semua, patuhi otoritas PVMBG,” kata Andi Arief kepada VIVAnews.com. (art)

• VIVAnews

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: