Beranda > Sumatera > Warga Mentawai Ingin Direlokasi dari Pantai

Warga Mentawai Ingin Direlokasi dari Pantai

http://image.tempointeraktif.com/?id=52131&width=274TEMPO Interaktif, Padang: Warga yang menjadi korban tsunami di Mentawai ingin segera dipindah dari permukiman di pantai. Salah satunya warga Dusun Muntei, Barubaru, yang tinggal di pesisir barat Pulau Pagai Utara yang terkena tsunami paling parah. “Saya trauma, kalau tetap tinggal di Muntei jangan-jangan nanti ada gempa susulan dan tsunami lagi. Lagi pula di sini saya sudah tidak punya apa-apa,” kata Mardin, 52 tahun, warga Muntei, Jumat (29/10).

Mardin mengatakan, dirinya tidak menunggu dipindahkan oleh pemerintah, karena akan pindah sendiri ke ladang yang ia punya di dusun Barubaru.

Wilmar Samangulailai, juga warga Muntei, meminta pemerintah memindahkan mereka ke bekas lahan transmigrasi di Dusun Tekako di Sikakap. Di Dusun Tekako awalnya untuk menampung transmigran dari Jawa. Namun akan status lahan itu bermasalah, para transmigran dipindah ke Lunang Silauut, Kabupaten Pesisir Selatan. “Kalau bisa dipindahkan ke situ, saya bisa berladang, kalau di sini takut tsunami datang lagi,” katanya.

Ketua DPRD Mentawai Hendri Doris Satoko mengatakan pemerintah memang berencana memindahkan warga yang kini menjadi korban tsunami. “Ini seperti permintaan bapak presiden saat ke Mentawai. Kami dan pemerintah kabupaten akan mencarikan tempat,” kata dia. Lokasinya masih tetap berada di Mentawai. “Tidak mungkin memindahkan warga keluar dari Mentawai.”

Menurut Hendri, biaya pemindahan akan diambil dari dana Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB). “Kami belum menghitung berapa biayanya, karena saat ini sedang menangani korban bencana,” kata Hendri.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: