Beranda > Berita & Peristiwa > Pemerintah RRC Sumbang US$ 30.000 Untuk Korban Tsunami Mentawai

Pemerintah RRC Sumbang US$ 30.000 Untuk Korban Tsunami Mentawai

https://i2.wp.com/images.detik.com/content/2010/10/28/10/korbantsunami2.jpgJakarta – Pemerintah RRC menyumbang uang US$ 30.000 untuk korban tsunami di Mentawai, Sumatera Barat. Sumbangan ini dititipkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

“Ya tadi ada bantuan untuk Mentawai dari RRC. Karena dulukan waktu dia banjir kita juga pernah bantu, dan sekarang gantian,” kata Ketua PMI, Jusuf Kalla (JK) saat ditemui wartawan di Kantor PMI Pusat Jl Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (28/10/2010).

Bantuan ini diserahkan Dubes RRC untuk Indonesia, Yang Lingzhu kepada JK.

Sementara itu, JK mengatakan jika relawan-relawan PMI masih bekerja keras untuk memberi bantuan logisitik kepada korban tsunami di Mentawai. Agar mempermudah pengiriman logistik, PMI akan menyiapkan helikopter dan akan menyewa kapal.

“Saat ini kita sedang siapkan helikopter dan macam-macamnya itu. Kita juga sewa kapal untuk carter yang nantinya akan kita bawa ke sana. Persediaan darah juga Alhamdulillah tidak ada soal,” kata mantan Wakil Presiden ini .

Lebih lanjut JK mengatakan jika bantuan ke Mentawai memang sempat terahmbat karena cuaca disana seringkali kurang bersahabat.

Jika kondisi di Mentawai sudah memungkinkan, JK rencananya akan segera mungkin melihat lokasi bencana, untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pengungsi.

“PMI selalu siap baik ada bencana maupun tidak ada bencana. PMI  memang dipersiapkan untuk itu (bencana), khususnya dalam tanggap darurat, dalam kesehatan, dan upaya evakuasi,” jelas JK.

Gempa di Mentawai terjadi Senin 25 Oktober pukul 21.40 WIB. BMKB mencabut peringatan tsunami sejam kemudian. Esok siangnya baru ketahuan telah terjadi tsunami setinggi 3-7 meter di Kepulauan Mentawai. Hingga saat ini jumlah korban meninggal akibat terjangan tsunami mencapai 313 meninggal.

(lia/gun)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: