Beranda > Internasional > Mengapa Obama Ingin Kunjungi Masjid Istiqlal

Mengapa Obama Ingin Kunjungi Masjid Istiqlal

https://i2.wp.com/media.vivanews.com/thumbs2/2009/09/02/76087_barack_obama_menyapa_seorang_mahasiswi_muslim_berprestasi_300_225.jpgVIVAnews – Masjid Istiqlal merupakan salah satu tempat yang akan dikunjungi Barack Obama saat presiden Amerika Serikat (AS) itu direncanakan melawat ke Jakarta pada 9-10 November mendatang. Namun, bukan kali ini saja Obama mengunjungi masjid ketika berkunjung ke luar negeri.

Demikian menurut pejabat kantor kepresidenan AS di Gedung Putih, Ben Rhodes, Kamis 20 Oktober 2010. “Pada hari kedua [10 November 2010], Presiden Obama akan mengunjungi Masjid Istiqlal, yang merupakan masjid terbesar di Indonesia,” kata Rhodes dalam keterangan pers yang dimuat di laman Gedung Putih.

Dia mengungkapkan bahwa masjid yang juga terbesar se-Asia Tenggara tersebut juga menjadi salah satu tujuan dalam rencana kunjungan Obama ke Indonesia Maret lalu, yang akhirnya dibatalkan. Menurut Rhodes, Obama juga mengunjungi masjid ketika melawat ke Mesir dan Turki beberapa waktu lalu.

“Jadi beliau sering menyempatkan diri menyambangi masjid-masjid terkemuka saat mengunjungi negara-negara yang didominasi umat Muslim,” kata Rhodes.

Menurut dia, rencana kunjungan Obama ke Masjid Istiqlal itu menunjukkan pengakuan kepada Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbanyak di dunia yang telah menunjukkan toleransi keberagaman umat beragama dan berdemokrasi. Selain mengunjungi Istiqlal, Obama juga akan berpidato secara terbuka, namun lokasinya masih belum ditetapkan.

“Jadi dalam banyak sisi, Indonesia menunjukkan contoh yang sangat positif kepada dunia, tidak hanya kepada dunia Muslim, namun juga kepada masyarakat dunia yang lebih luas,” kata Rhodes.

Dengan mengunjungi masjid dan berpidato, menurut Rhodes, dia akan punya kesempatan untuk menekankan tema-tema yang dia buat dalam konteks menjangkau komunitas Muslim di penjuru dunia, sekaligus mengutarakan kebangkitan Indonesia sebagai suatu kekuatan demokrasi, ekonomi dan pluralisme.

Selain mengunjungi Istiqlal dan berpidato, Obama akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kedua pemimpin akan meresmikan Perjanjian Kemitraan Komprehensif di berbagai bidang.

Pada 10 November, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, Obama dijadwalkan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Selain Indonesia, Obama mengunjungi India, Korea Selatan dan Jepang. Sebelumnya, Obama sudah dua kali menunda kunjungan ke Indonesia karena masalah dalam negeri. (hs)

  1. Oktober 29, 2010 pukul 11:18 am

    Semoga dengan sering sering ke indonesia, kerja sama AS – Indo makin erat ya… Indonesia perlu banyak belajar tuh dari negara – negara maju, agar negara kita jadi tidak terblakang….

    Kunjungan baliknya ya..
    Saya tunggu..
    di http://hiudiary.wordpress.com/
    Thanks!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: