Beranda > Sumatera > Hampir 1000 Kantung Mayat Dikirim ke Mentawai

Hampir 1000 Kantung Mayat Dikirim ke Mentawai

https://i0.wp.com/media.vivanews.com/thumbs2/2010/10/27/98475_dua-warga-australia-yang-selamat-dari-tsunami-di-mentawai_300_225.jpg“Kapal juga mengangkut tenaga teknis dan relawan”.

VIVAnews – Staf Ahli Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief menjelaskan hasil rapat koordinasi Gubernur Sumatera Barat terkait tanggap darurat bencana gempa dan tsunami yang melanda sejumlah pulau di wilayah ini. Dia mengatakan satu kapal perintis telah berlayar membawa bantuan ke Pulau Sikakap.

“Dari Sikakap, bantuan ini akan didistribusikan ke pulau-pulau yang terkena gempa dan tsunami dengan boat,” kata Andi Arief dalam akunnya di situs jejaring sosial Twitter, Rabu 27 Oktober 2010.

Bantuan yang dibawa kapal adalah 16 ton makanan, obat-obatan 5 ton, tenda gulung dan keluarga 20 ribu buah, kantong mayat 950 lembar, tikar dan selimut 2 ribu lembar. “Juga tenaga medis 15 orang dan relawan 150 orang,” kata dia.

Dia menjelaskan ada juga kapal milik PT Pertamina yang akan berangkat membawa bensin (20 ton), solar (5 ton), dan minyak tanah (5 ton).

“Sumber dana untuk tanggap darurat ini, bantuan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) sebesar Rp 1 Miliar,” kata dia.

Sampai saat ini, bantuan dari luar negeri belum bisa diterima meski sudah ada yang menawarkan. Dia tidak menjelaskan alasan penolakan bantuan asing tersebut.

Sebuah Kapal perang dari Medan pun akan diberangkatkan sekitar tanggal 29-30 Oktober 2010.

Akibat gempa dan tsunami yang melanda kepulauan Mentawai, jumlah korban mencapai 112 orang tewas dan ratusan lainnya masih hilang. (hs)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: