Beranda > Nusantara > DPR: SBY Harus Hadir di Tengah Korban Bencana

DPR: SBY Harus Hadir di Tengah Korban Bencana

https://i1.wp.com/media.vivanews.com/thumbs2/2010/01/14/83443_presiden_sby_tinjau_simulasi_penanggulangan_bencana_300_225.jpg“Dua bencana alam terjadi hampir bersamaan dan memakan korban jiwa yang tidak sedikit.” VIVAnews – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah memutuskan untuk mempercepat kunjungan kerja di Hanoi, Vietnam, dan langsung menuju lokasi gempa tsunami di Sumatera Barat. SBY memang dibutuhkan untuk menguatkan psikologis para korban bencana.

“Secara psikologis adanya Presiden menguatkan masyarakat di tengah musibah,” kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di gedung DPR, Jakarta, Rabu 27 Oktober 2010.

Menurut Priyo, kehadiran Presiden akan menguatkan masyarakat terutama para korban bencana alam. Dengan hadirnya Presiden, lanjut Priyo, memberikan kesan bahwa pemerintah telah berikhtiar maksimal.

Dua bencana alam terjadi hampir bersamaan dan memakan korban jiwa yang tidak sedikit. Gempa 7,2 SR yang mengakibatkan tsunami di Mentawai, Sumatera Barat, menewaskan lebih dari 115 orang. Bahkan, 500 lebih orang dilaporkan hilang.

Bencana kedua adalah meletusnya Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan DIY. Letusan Merapi yang mengeluarkan awan panas itu menewaskan 26 orang, termasuk Redaktur Senior VIVAnews.com, Yuniawan Wahyu Nugroho.

Dengan hadirnya di lokasi pengungsian, Presiden juga bisa memimpin langsung penanganan musibah. Termasuk musibah beruntun di Mentawai dan Merapi. “Beliau berada di tanah air memberikan efek penguatan pada pemerintahan di dalam negeri,” kata politisi Golkar ini.

Meski demikian, SBY tidak harus berada di titik inti bencana, melainkan cukup di lokasi pengungsian. “Secara psikologis akan bawa efek di lokasi pengungsian,” ujar dia lagi. (hs)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: