Beranda > Berita & Peristiwa > “Saya Bersama Tuhan dan Iblis” Pertambangan Cile

“Saya Bersama Tuhan dan Iblis” Pertambangan Cile

Presiden Cile Sebastian Pinera (tengah) memeriksa kapsul yang akan diturunkan untuk menyelamatkan penambang yang terjebak di bawah tanah, di pertambangan San Jose, Copiapo (13/10). REUTERS/Hugo Infante-Government of Chile/Handout

TEMPO Interaktif – “Saya telah terkubur dan sekarang selamat, saya mendapat kesempatan untuk menjadi orang yang lebih baik,” katanya beberapa jam setelah keluar dari kapsul penyelamat dalam video confrence.

Mario, penambang kedua yang dikerek keluar dari kedalaman 622 meter memberi nasihat. “Saya telah melalui perjalanan hidup yang penuh pelajaran,” katanya. “Dalam hidup berbuat baiklah terhadap suami atau istri kalian.”

Selama terperangkap di dalam tanah, Mario melihat sisi baik dan sisi jahat dalam hidup. “Saya bersama Tuhan dan iblis. Mereka berperang dan pemenangnya Tuhan,” kata dia. Mario saat itu memegang tangah Tuhan dan tidak pernah ragu dia akan selamat.

Operasi penyelamatan 33 penambang emas Cile yang terperangkap selama 69 hari di bawah tanah sedalam lebih dari 600 meter berjalan lancar. Mereka terperangkap sejak 5 Agustus lalu. Semua berhasil diselamatkan lewat kapsul khusus yang diluncurkan ke bawah untuk menjemput para penambang satu-persatu.

Mario berharap misi penyelamtan ini membuahkan reformasi di bidang pertambangan Cile. “Saya merasa negara ini kini terbuka dan kita harus membuat perubahan,” ujarnya. “Para pemilik tambang harus memberi para manajer perangkat untuk mengubah ini.”

Mario juga mengucapkan terima kasih kepada tim dokter dan psikolog yang terus berhubungan dengan mereka lewat video confrence. “Mereka membuat kami hidup kembali,” kata dia. Yang pasti, kata Mario, saya sangat senang berada di atas sini lagi.

 

SUMBER: http://www.tempointeraktif.com/hg/amerika/2010/10/14/brk,20101014-284704,id.html?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter

 

  1. Oktober 15, 2010 pukul 10:44 am

    penyelamatan yang hebat..!bisa di contoh tuh..buat semua penambangan di dunia..nice share!

    • Oktober 15, 2010 pukul 3:27 pm

      Iya bener banget itu, Kapan ya SBY kayak gitu … heuheuheuheu
      Makasih ya dah Comment 🙂

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: