Beranda > Bahaya Rokok, Kesehatan & Info Penyakit > Berjuta Bahaya dalam Sebatang Rokok !

Berjuta Bahaya dalam Sebatang Rokok !

Korban Rokok

Korban Rokok

Semua orang sudah tahu kalau rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Tapi anehnya jumlah perokok terus saja merajalela. Apakah merokok adalah hak asasi yang tidak boleh diganggu gugat? Ataukah kebiasaan rokok sudah tidak bisa dihilangkan?
Kupas tuntas dunia rokok bersama Sorowako.Net berikut ini..

Minggu (23/3)kemarin, Occupational and Public Community Health, Medical Services Department of PT.Inco mengkampanyekan program Anti Rokok dalam sebuah Dialog Interaktif di Ontaeluwu pukul 4 sore kemarin. Acara yang menargetkan jumlah peserta sekitar 200 orang ini memang merupakan program rutinnya. Menurut Ibu Siska, panitia inti, kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai bentuk partisipasi aktif terhadap semakin meningkatnya pecandu rokok Indonesia, khususnya di Sorowako. Selain itu, juga ingin menyambut Hari Anti Tembakau Sedunia yang jatuh 31 Mei 2008 mendatang.

Kegiatan berupa materi sekitar rokok dan gejala-gejala yang ditimbulkan, kemudian dilanjutkan dengan Dialog Interaktif. Materi ini dibawakan olehDr. Tjanda Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTMH, Ditjen PP dan PL Depkes RI yang berpusat di Jakarta. Ahli konsultan penyakit paru-paru ini memang gencar mensosialisasikan bahaya rokok. Keseriusannya tersebut diaplikasikan dengan melibatkan diri secara aktif disebuah Lembaga Pemberantasan Rokok dan menjabat sebagai Ketua.

Rokok, benda kecil berbahan utama tembakau ini ternyata dapat menimbulkan ketagihan karena mengandung zat nikotin. Zat inilah yang sesungguhnya menyebabkan orang sangat sulit melepaskan kebiasaan merokoknya. Dari segi ekonomi tentu saja ini sangat merugikan. Mau tidak mau perokok aktif akan terus berusaha memenuhi keinginan merokoknya yang didorong oleh adanya pengaruh zat adiktif.

Selain mempengaruhi kondisi ekonomi, tentu saja rokok sangat membahayakan kesehatan. Dalam asap rokok terkandung 4000 bahan kimia yang sebagiannya bersifat karsinogen (pencetus kanker). Racun-racun dalam asap rokok inilah yang menyebabkan gangguan katarak pada mata, kulit keriput, serta kerontokan pada rambut. Merokok juga sangat berbahaya bagi wanita karena dapat menyebabkan gangguan reproduksi, bahkan pada wanita hamil yang merokok dapat menyebabkan keguguran dan kematian janin

Sisi lain yang dirugikan oleh perokok aktif adalah kehidupan sosialnya. Kebiasaan merokok tanpa mengindahkan orang disekelilingnya (perokok pasif) juga sangat beresiko menyebabkan mereka mengidap penyakit kanker. Sebagian perokok tidak bisa memahami apalagi diharapkan untuk bertoleransi pada ketidaknyamanan perokok pasif yang tepaksa mengisap asap rokok. Anak-anak perokok aktif juga sangat bepotensi mengidap penyakit yang sama bahkan kebiasaan buruk ini dapat menular pada mereka karena mendapat contoh dari orangtuanya.

Merokok memang merupakan hak asasi manusia. Namun bila dipandang dari banyaknya kerugian yang dapat ditimbulkan daripada kenikmatan sesaat yang dirasakan, nampaknya berhenti merokok adalah KEWAJIBAN. Memang sulit untuk melakukan. Dibutuhkan perjuangan extra terutama bagi mereka yang telah bertahun-tahun mencicipi rokok. Akan tetapi kesadaran yang tinggi terhadap efek buruk yang dapat terjadi dan adanya keinginan serta motivasi yang kuat dapat membantu perokok aktif menghentikan kebiasaan merokoknya secara perlahan-lahan. Bila dilakukan secara rutin dan tetap bersabar maka hasil yang optimalpun akan didapat.

Nah para perokok yang baik hati…
Segeralah mengemas hidup dengan cara yang lebih bermanfaat bagi diri, keluarga, teman, serta saudara-saudara yang lain.

Jangan Merokok lagi yah…

  1. September 12, 2008 pukul 7:08 pm

    duh…susah neh gw mu berenti rokok..hehehe…

    eh ada info bagus neh saingan clixsense and adsense, cobain de..

    seriusan !!! no bullshit..!!!

  2. September 12, 2008 pukul 7:09 pm

    http://langkahbaru.com/?r=70610

    Inget msukin angka =>> 70610

  3. dyah
    November 14, 2008 pukul 7:23 am

    gimana ya biar di indonesia tuh pada gak merokok?
    bagi yang ngrokok tlg bisa menempatkan diri pd t4nya y?
    hargai yg tidak merokok
    hargai pula orang yg tidak suka merokok
    kami yg tak merokok akan mendapat imbas yg lebih parah dari Anda2 yg merokok & tak bisa menempatkan diri…

  4. al-ibrah
    Desember 5, 2008 pukul 4:03 pm

    saya punya keinginan kuat berhenti merokok, tapi kok ga bisa2 ya….?
    tapi kalo menurut saya : “orang yang merokok tu sama aja dengan orang yang gak waras (Gilaaaaaaaaaaa),
    udah tau itu racun, kok diisap,
    “kan.. ga mungkin orang waras bunuh dirinya secara perlahan-lahan, thanks,

  5. EzY
    Februari 13, 2009 pukul 5:16 am

    btw w mw tw nich..pa ja pangobatan yng di berikan trhadap penderita rokok akut..,wal’y w dpet tgas ri guru di sruh nyari pengobatan terhadap penderita rokok akut yg berkaitn dgn teknologi….
    thax b4….

  6. EzY
    Februari 13, 2009 pukul 5:18 am

    tlng y ksih jwbnya scpt’y..wal’y ni tgs rus di kmpl ri senin…key

  7. April 15, 2009 pukul 1:16 pm

    Hmmm..dapet juga nih info tentang bahaya rokok..

    thanks sobat,
    eh tenpreneursip/bisnis itu gimana?.bisa ajarin gak..ehehhe..sekalian

    Yup !

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: