Beranda > Gejala dan Pencegahan Virus Berbahaya Pada Manusia > Tanda dan Gejala Penyakit DBD

Tanda dan Gejala Penyakit DBD

  • Tanda dan Gejala Penyakit Demam Berdarah Dengue
  • Penderia DBDMasa tunas / inkubasi selama 3 – 15 hari sejak seseorang terserang virus dengue, Selanjutnya penderita akan menampakkan berbagai tanda dan gejala demam berdarah sebagai berikut :

    1. Demam tinggi yang mendadak 2-7 hari (38 – 40 derajat Celsius).
    2. Pada pemeriksaan uji torniquet, tampak adanya jentik (puspura) perdarahan.
    3. Adanya bentuk perdarahan dikelopak mata bagian dalam (konjungtiva), Mimisan (Epitaksis), Buang air besar dengan kotoran (Peaces) berupa lendir bercampur darah (Melena), dan lain-lainnya.
    4. Terjadi pembesaran hati (Hepatomegali).
    5. Tekanan darah menurun sehingga menyebabkan syok.
    6. Pada pemeriksaan laboratorium (darah) hari ke 3 – 7 terjadi penurunan trombosit dibawah 100.000 /mm3 (Trombositopeni), terjadi peningkatan nilai Hematokrit diatas 20% dari nilai normal (Hemokonsentrasi).
    7. Timbulnya beberapa gejala klinik yang menyertai seperti mual, muntah, penurunan nafsu makan (anoreksia), sakit perut, diare, menggigil, kejang dan sakit kepala.
    8. Mengalami perdarahan pada hidung (mimisan) dan gusi.
    9. Demam yang dirasakan penderita menyebabkan keluhan pegal/sakit pada persendian.
    10.Munculnya bintik-bintik merah pada kulit akibat pecahnya pembuluh darah.

    1. veegha
      Mei 3, 2008 pukul 8:58 am

      serem jg lho ngdnger tanda2ny..
      kyk gmn gtu..
      hehe..

    2. Mei 3, 2008 pukul 9:43 am

      Tanggapan gw untuk gejala DBD yaitu (heeehe maap kalo rada basi tanggapannya) cepat kenali dengan banyak baca atau ikut penyuluhan², kalo dari tanda²nya ada yg terbukti pada penderita, maka cepat² ke dokter dan minum air putih yang banyak. Thx

    3. dhiez
      Mei 4, 2008 pukul 8:49 am

      hehehe,,ya bener itu di, emank harus banyak minum air putih…
      biar racun nya larut bersama air seni…

    4. Alay
      Juni 14, 2008 pukul 5:59 am

      Trus bedanya(gejala or tanda klnis,pemx fisik&pemx laborat) dg chikungunya dan demam dengue apa donx?Kirim jwbn k email qu aj yah..Makasi..

    5. dhiez
      Agustus 20, 2008 pukul 12:41 pm

      Waduh sory gw kurang ngerti maksudnya, klnis,pemx fisik&pemx laborat?itu di bagian artikel yg mana.sory ya

    6. ERLINA
      November 28, 2008 pukul 3:00 am

      gimana cara mengatasi diare
      biar cepat sembuh gitu loh !

    7. ERLINA
      November 28, 2008 pukul 3:03 am

      wadu gue paling alerhi yang nmx virus!

    8. salby
      Agustus 18, 2010 pukul 7:45 am

      makanya hati-hati dengan nyamk DBD

    9. eVhY
      November 1, 2011 pukul 5:52 pm

      sebagai nack prwat ingin mmberi sran aja
      mkanya jgan biarkn rumah kita kotor pa lagi sekarang tuch musim hujan duch harus waspada dch

    1. No trackbacks yet.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: