Beranda > Kesehatan & Info Penyakit, Bahaya Rokok > Bahan kimia berbahaya yang terkandung pada rokok !!!!

Bahan kimia berbahaya yang terkandung pada rokok !!!!

Zat Kimia Pada Rokok

Zat Kimia Pada Rokok

Oleh Yoky Edy Saputra, S.Si
Alumni Jurusan Kimia FMIPA Universitas Andalas Padang

Apakah Anda termasuk orang yang mempunyai kepedulian yang besar dengan masalah kesehatan? Jika ya, maka tulisan ini sangat berguna bagi Anda. Tahukah kita, tanpa kita sadari, lingkungan sekitar kita, termasuk barang-barang kebutuhan sehari-hari yang kita gunakan, dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh kita. Tanpa sadar kita telah menghirup bahan-bahan kimia berbahaya yang berasal dari benda-benda yang terdapat di tempat tinggal kita. Berikut ini penulis uraikan beberapa bahan kimia berbahaya yang sering terkontaminasi dengan tubuh kita tanpa kita sadari. Meskipun kadar bahan-bahan kimia yang masuk ke udara tersebut belum melebihi ambang batas yang diperbolehkan, namun jika terjadi paparan dalam waktu yang lama dan terus menerus dapat berpengaruh bagi kesehatan kita.

1. Asbes

Asbes merupakan serat mineral silika yang bersifat fleksibel, tahan lama dan tidak mudah terbakar. Asbes banyak digunakan sebagai penghantar listrik dan penghantar panas yang baik. Asbes banyak digunakan sebagai isolator panas dan pada pipa saluran pembuangan limbah rumah tangga, dan bahan material atap rumah. Asbes banyak digunakan dalam bahan-bahan bangunan. Jika ikatan asbes dalam senyawanya lepas, maka serat asbes akan masuk ke udara dan bertahan dalam waktu yang lama.

2. Bioaerosol

Kontaminan biologi seperti virus, bakteri, jamur, lumut , serangga atau serbuk sari tumbuhan. Kontaminan biologi tersebut jika dihembus oleh angin akan masuk ke udara dan mencemari udara bersih.

3. Formaldehid

Formaldehid merupakan aldehid sederhana. Gas formaldehid tidak berwarna dan diemisikan dari bahan-bahan bangunan, industri rumah tangga atau proses pembakaran. Formaldehid juga terdapat pada produk kayu yang dipres, papan, papan dinding, tekstil (seperti pada karpet dan pakaian).

Formaldehid dapat masuk ke udara akibat terjadi pengikisan dan penguapan akibat panas yang tinggi.

4. Bahan-bahan pertikulat

Dalam kehidupan sehari-hari pertikulat dikenal dengan istilah debu yang berterbangan di udara. Partikulat juga bisa ditemui dalam bentuk logam-logam berta yang jika terhirup oleh manusia akan mengakibatkan penyakit.

5. Senyawa organik volatil (Volatil Organic Compound)

Senyawa organik volatil (VOC) mudah menguap pada suhu kamar. VOC sering ditemui dalam bentuk aerosol yang terdapat pada pembersih, cat, vernis, produk-produk kayu yang di-pres, pestisida, dan semir.

6. Karbon monoksida (CO)

Karbon monoksida atau CO adalah suatu gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan juga tidak berasa. Gas CO dapat berbentuk cairan pada suhu dibawah 129oC. Gas CO sebagian besar berasal dari pembakaran bahan fosil dengan udara, berupa gas buangan. Kota besar yang padat lalu lintasnya akan banyak menghasilkan gas CO sehingga kadar CO dalam uadra relatif tinggi dibandingkan dengan daerah pedesaan. Selain itu dari gas CO dapat pula terbentuk dari proses industri. Secara alamiah gas CO juga dapat terbentuk, walaupun jumlahnya relatif sedikit, seperti gas hasil kegiatan gunung berapi, proses biologi dan lain-lain. Secara umum terbentuk gas CO adalah melalui proses berikut ini :

Pertama, pembakaran bahan bakar fosil.

Kedua, pada suhu tinggi terjadi reaksi antara karbondioksida (CO2) dengan karbon C yang menghasilkan gas CO.

Ketiga, pada suhu tinggi, CO2 dapat terurai kembali menjadi CO dan oksigen.

Penyebaran gas CO diudara tergantung pada keadaan lingkungan. Untuk daerah perkotaan yang banyak kegiatan industrinya dan lalu lintasnya padat, udaranya sudah banyak tercemar oleh gas CO. Sedangkan daerah pimggiran kota atau desa, cemaran CO diudara relatif sedikit. Ternyata tanah yang masih terbuka dimana belum ada bangunan diatasnya, dapat membantu penyerapan gas CO. Hal ini disebabkan mikroorganisme yang ada didalam tanah mampu menyerap gas CO yang terdapat diudara. Angin dapat mengurangi konsentrasi gas CO pada suatu tempat karena perpindahan ke tempat lain.

Karbon monoksida (CO) apabila terhisap ke dalam paru-paru akan ikut peredaran darah dan akan menghalangi masuknya oksigen yang akan dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini dapat terjadi karena gas CO bersifat racun metabolisme, ikut bereaksi secara metabolisme dengan darah. Seperti halnya oksigen, gas CO bereaksi dengan darah (hemoglobin) :

Hemoglobin + O2 -> O2Hb (oksihemoglobin)

Hemoglobin + CO -> COHb (karboksihemoglobin)

Konsentrasi gas CO sampai dengan 100 ppm masih dianggap aman jika waktu kontak hanya sebentar. Gas CO sebanyak 30 ppm apabila dihisap manusia selama 8 jam akan menimbulkan rasa pusing dan mual. Pengaruh karbon monoksida (CO) terhadap tubuh manusia ternyata tidak sama dengan manusia yang satu dengan yang lainnya. Konsentrasi gas CO disuatu ruang akan naik bila di ruangan itu ada orang yang merokok. Orang yang merokok akan mengeluarkan asap rokok yang mengandung gas CO dengan konsentrasi lebih dari 20.000 ppm yang kemudian menjadi encer sekitar 400-5000 ppm selama dihisap. Konsentrasi gas CO yang tinggi didalam asap rokok menyebabkan kandungan COHb dalam darah orang yang merokok jadi meningkat. Keadaan ini sudah barang tentu sangat membahayakan kesehatan orang yang merokok. Orang yang merokok dalam waktu yang cukup lama (perokok berat) konsentrasi COHb dalam darahnya sekitar 6,9%. Hal inilah yang menyebabkan perokok berat mudah terkena serangan jantung.

Pengaruh konsentrasi gas CO di udara sampai dengan dengan 100 ppm terhadap tanaman hampir tidak ada, khususnya pada tanaman tingkat tinggi. Bila konsentrasi gas CO di udara mencapai 2000 ppm dan waktu kontak lebih dari 24 jam, maka kana mempengaruhi kemampuan fiksasi nitrogen oleh bakteri bebas yang ada pada lingkungan terutama yang terdapat pada akar tanaman.

Penurunan kesadaran sehingga terjadi banyak kecelakaan, fungsi sistem kontrol syaraf turun serta fungsi jantung dan paru-paru menurun bahkan dapat menyebabkan kematian. Waktu tinggal CO dalam atmosfer lebih kurang 4 bulan. CO dapat dioksidasi menjadi CO2 dalam atmosfer adalah HO dan HO2 radikal, atau oksigen dan ozon. Mikroorganisme tanah merupakan bahan yang dapat menghilangkan CO dari atmosfer.

Dari penelitian diketahui bahwa udara yang mengandung CO sebesar 120 ppm dapat dihilangkan selama 3 jam dengan cara mengontakkan dengan 2,8 kg tanah (Human, 1971), dengan demikian mikroorganisme dapat pula menghilangkan senyawa CO dari lingkungan, sejauh ini yang berperan aktif adalah jamur penicillium dan Aspergillus.

About these ads
  1. daffa24
    Desember 4, 2008 pukul 10:35 am

    thanks infonya ya…

  2. Desember 17, 2008 pukul 6:24 am

    kasih informasi tentang informasi gossip selebriti indonesia yang terupdate doong….
    jangan lupa yaa…

    • asriadi rauf
      Desember 8, 2010 pukul 12:17 pm

      ckrang gosip yg lg hangat d prbincangkan mngenai hdirx bntang pesepak bola yaitu irfan baghcdim d indonesia.
      ckrnk dy trkenal dgn ketampananx n kelincahanx brmaen bola.
      bhkan memikat para kaum wanita.

  3. Desember 25, 2008 pukul 3:27 am

    bgs bgt info ni, klo bisa cari info yang laen y seputar ilmu penetahuan n teknologi terbaru tank”””””

  4. ulfatun
    Januari 5, 2009 pukul 2:25 am

    bagus…thanks jd bs dijadikan referensi mata kuliah ipa terpadu

  5. hapsary
    Januari 23, 2009 pukul 4:53 am

    thanks buat infonya ya………….. infonya bisa buat makalah b.indonesiaku,

    • Januari 23, 2009 pukul 9:43 am

      sama-sama, terima kasih juga karena Blog ini sudah bermanfaat untuk kalian

      • ay_doank
        September 11, 2009 pukul 3:32 am

        oy_ilmu Q_mai’awat tntang stoikiometri donk

  6. made
    Februari 1, 2009 pukul 1:45 pm

    ʞılɐqɹǝʇ sılnuǝɯ ɐɹɐɔ ɥɐlɐpɐ ıuı

  7. caca
    Februari 12, 2009 pukul 5:53 am

    thnks bgt bwat infox cz ckrg q bs ngrjain tgas n tau bhn berbahaya d rokok

  8. w' bgt
    Februari 18, 2009 pukul 6:22 am

    rokok itu harammmmmmmmmmmmmmmm…………………………………..

    • Februari 19, 2009 pukul 2:05 pm

      hahaha

  9. anhar
    Maret 16, 2009 pukul 12:27 pm

    bro…

    dimana yach disa saya dapatkan informasi tentang konsentrasi asap rokok???

    tolong bantuin dong butuh banget….

  10. anhar
    Maret 16, 2009 pukul 12:31 pm

    konsentrasi yang lengkapnya….???

    klo bisa terpisah antara rokok kretek dan rokok mild

    • Maret 16, 2009 pukul 4:04 pm

      Maksudnya konsentrasi apanya ya?? bahan nya atau apa? Maaf kurang jelas…

  11. cintaa
    Maret 22, 2009 pukul 10:44 am

    thanks buat informnya, buat bahan karya tulis gw nihh.. :D

    • Maret 23, 2009 pukul 8:34 am

      Sama-sama, Terima Kasih :)

      • qistina
        Oktober 2, 2009 pukul 7:48 am

        best la web ni.

  12. chacha
    Juli 24, 2009 pukul 4:42 am

    aduch mkci banet yoooooo aq dah diksk tw tntng bahan-bhn rokok

  13. ulhin
    September 5, 2009 pukul 11:20 am

    duh…bagus banget ni infonya, biar orang2 yang pada suka rolol taw AMAT SANGAT BERBAHAYAnya rokok….!!!!!!

  14. dina
    September 6, 2009 pukul 8:06 am

    kamu aslinya padang ya………saya juga dari padang tapi kuliah di kimia ugm………blognya bagus koq………kalau pakai baso awak bisa kan?//////////

  15. ay_doank
    September 11, 2009 pukul 3:34 am

    OY_ilmu q_mia donk tntang stokiometri

  16. qistina
    Oktober 2, 2009 pukul 7:35 am

    tq,web!banyak mmbantu dlm penghasilan b.skrap!

  17. Shofian afandi
    November 7, 2009 pukul 3:20 pm

    syukron a’la hadzal khobar…

  18. November 11, 2009 pukul 12:56 pm

    Otak manusia terdiri dari 1 triliun.

    1 hisapan ROKOK akan MEMBUNUH lebih dari 1.000 Sel Otak.

    BAYANGKAN jika:
    1 detik = 2 kali hisapan maka ada 2.000 sel otak mati

    JIKA 1 menit = 60 Detik maka akan ada 120.000 sel otak mati

    JIKA……….
    JIKA……….
    JIKA……….
    JIKA 1 hari = 24 jam maka 345.600.000 sel otak kita akan mati…..

    Mau????

    • November 11, 2009 pukul 4:07 pm

      Woooww bagus banget artikel komentar nya, makasih ya info nya…. :)

    • asriadi rauf
      Desember 8, 2010 pukul 12:10 pm

      lw mmang dlm shari kta mnghrup asap rokok yg katax mematikan 148.600.000. brrti dlm sbulan otakm kita sudah tdk brfungsi lg dong.karena sel dlm otak kita brjumlah 1 triliun.wah….?! mnyedihkan skali bagi pengguna rokok.

  19. mustika
    November 12, 2009 pukul 11:45 am

    makasih ya klo bsa lbih detail lgiiii!!!

  20. clara
    Desember 20, 2009 pukul 10:50 am

    Makasih ya bwt infonya…..klo bsa lbih detail lagi….

  21. Januari 7, 2010 pukul 2:28 pm

    Salam kenal, blogwalking nih…kayaknya artikelnya sama nih…hehehe

  22. rifa
    Januari 24, 2010 pukul 8:53 am

    wuih….
    thamks yha atas informasinya
    udah bantu aku banget

  23. rifa
    Januari 24, 2010 pukul 8:53 am

    wuih….
    thanks yha atas informasinya
    udah bantu aku banget

  24. umi
    Januari 31, 2010 pukul 12:32 pm

    bagus sih cuman kurang lengkap

    • Februari 4, 2010 pukul 12:44 pm

      Iya, ini saya juga dapat dari blog lain… Maaf ya kalo kurang lengkap… Makasih :)

  25. Prisilia Kurniaty Rombelayuk
    Februari 8, 2010 pukul 2:38 pm

    akhirX aq tw jga info bru dri bhayaX merokok…

  26. adam
    April 21, 2010 pukul 1:31 pm

    sdttdftdsitssssssssssss

  27. DESY
    Juli 27, 2010 pukul 1:08 pm

    WiIzZZ.,., CIeP BgTZ DaH InFoX.,.,

  28. Venu Fitratama
    Agustus 21, 2010 pukul 11:13 am

    thank banget,, aq jd tahu sebelum guruku menjelaskan

  29. add
    Agustus 27, 2010 pukul 7:25 am

    wah, rokok ki bhaya og yo ono ae sen9 ngangoo,,, huft

  30. lia
    Oktober 6, 2010 pukul 8:26 am

    knapa ngak d jlasin bahan-bahan kimianya.
    tlg d lengkapin y byar bsa bntu dlm ngrjain pr

  31. echa july
    Oktober 25, 2010 pukul 10:01 pm

    thx yo…
    info na…
    penting bgt ne…!!!!

  32. November 16, 2010 pukul 11:54 am

    ROKOK TUCH BAHAYA LOHHH…. . . . . :)

  33. November 16, 2010 pukul 11:54 am

    :(,:)

  34. noni cahyani
    November 29, 2010 pukul 9:06 pm

    thx infonya..
    kunjungi blog saya ya

    https://nonicahyani09.student.ipb.ac.id/

    • Juni 29, 2011 pukul 9:36 am

      kalo aq kunjong aq dpt pe??..ko ad ke bg aq hadiah??

  35. afieyf
    Juni 13, 2011 pukul 1:21 am

    thnx about info nih erh…tap,sya kurang thu larh tntang material dlm sebatng rokok 2..
    bole jelaskan lagi?..

  36. Juli 12, 2011 pukul 3:42 pm

    Thx infonya
    Ada orang gk percaya sama info ini aku kesel sama dia pengen di apain ya ?

  37. Ninda Umairoh
    Oktober 4, 2011 pukul 4:36 pm

    Trims ya infonya moga bermanfaat bagi s’muanya…
    :-D apalagi buat yang pecandu tuh,, gak takut apa mati sia-sia cuma karna ROKOK ???

  38. Oktober 5, 2011 pukul 9:13 am

    makci ya asas info nya …
    smua nya sngat bermanfaat

  39. alexandar brillian
    Oktober 17, 2011 pukul 9:40 am

    trnyata merokok berbahaya juga

  40. Oktober 17, 2011 pukul 9:46 am

    makasih bos atas pengetahuannya :D

  41. Yessika Yolanda
    Oktober 7, 2013 pukul 12:56 pm

    makasih ya infonya

  42. Lc Nathelie
    Februari 21, 2014 pukul 3:50 pm

    Saya sedang membuat folio dan cikgu telah menyuruh kami mencari 101 bahan yang terkandung pada rokok . Terima kasih . Carian ini telah banyak membantu saya.

  1. Januari 28, 2009 pukul 9:06 am
  2. Desember 26, 2010 pukul 9:56 pm
  3. Desember 27, 2010 pukul 11:00 am

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.755 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: