Beranda > Pengobatan, Terapi, dan Vaksinasi Terhadap Virus > Pengobatan dan Penanganan Penderita Cacar Herpes

Pengobatan dan Penanganan Penderita Cacar Herpes

  • Penanganan dan Pengobatan Penyakit Cacar (Herpes)
  • herpesPada penderita penyakit cacar hal yang terpenting adalah menjaga gelembung cairan tidak pecah agar tidak meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk bagi kuman lain (infeksi sekunder), antara lain dengan pemberian bedak talek yang membantu melicinkan kulit. Penderita apabila tidak tahan dengan kondisi hawa dingin dianjurkan untuk tidak mandi, karena bisa menimbulkan shock.

    Obat-obatan yang diberikan pada penderita penyakit cacar ditujukan untuk mengurangi keluhan gejala yang ada seperti nyeri dan demam, misalnya diberikan paracetamol. Pemberian Acyclovir tablet (Desciclovir, famciclovir, valacyclovir, dan penciclovir) sebagai antiviral bertujuan untuk mengurangi demam, nyeri, komplikasi serta melindungi seseorang dari ketidakmampuan daya tahan tubuh melawan virus herpes. Sebaiknya pemberian obat Acyclovir saat timbulnya rasa nyeri atau rasa panas membakar pada kulit, tidak perlu menunggu munculnya gelembung cairan (blisters).

    Pada kondisi serius dimana daya tahan tubuh sesorang sangat lemah, penderita penyakit cacar (herpes) sebaiknya mendapatkan pengobatan terapy infus (IV) Acyclovir. Sebagai upaya pencegahan sebaiknya seseorang mendapatkan imunisasi vaksin varisela zoster. Pada anak sehat usia 1 – 12 tahun diberikan satu kali. Imunasasi dapat diberikan satu kali lagi pada masa pubertas untuk memantapkan kekebalan menjadi 60% – 80%. Setelah itu, untuk menyempurnakannya, berikan imunisasi sekali lagi saat dewasa. Kekebalan yang didapat ini bisa bertahan sampai 10 tahun.

    About these ads
    1. 0khan
      Mei 3, 2008 pukul 3:58 pm

      Mau Jd dokter y mas???
      koq msuk TI si???
      dkter Komputer y,…

      • T.erwin heriandus
        September 10, 2009 pukul 1:11 pm

        Tpi rata2,tulisan mendahului profesi.,klo tulisan dah kya dokter tpi profesi ga jdi dolter

      • T.erwin heriandus
        September 10, 2009 pukul 1:30 pm

        Tpi rata2,tulisan mendahului profesi.,klo tulisan dah kya dokter tpi profesi ga jdi dokter

    2. dhiez
      Mei 4, 2008 pukul 8:14 am

      ga tau ne,,pengen aja masukin artikel tentang kesehatan…

      nambah pengetahuan,,kan jebolan IPA..hehe

      dokter komputer juga donk..hehe

    3. panji widyasmara
      Juli 31, 2008 pukul 12:56 am

      caranya disembur pake babal(pentil nangka) dan garam, tapi dengan syarat yang nyemburkan harus seorang janda yang kawin dengan perjaka atau sebaliknya, caranya babal & garam dikunyah bersamaan lalu langsung dari mulut di semburkan, biarkan dulu smpai mengering, rasanya memang agak perih,selain babal dan garam, bisa menggunakan kelapa dan gula merah,
      obat ini saya dapat dari warisan nenek moyang
      selamat mencoba semoga cepat sembuh

    4. November 29, 2008 pukul 7:02 am

      gw jg pernh kena herpes tapi bekasya lom bisa hilang sampe sekarang gmn donk.bekasnya di hidung jadi hitam gitu….

      pliz solusinya donk….

    5. Rhany
      Desember 29, 2008 pukul 9:35 am

      Ne aq ge kna harpes..bngung mw kch obat pa…ktanx dsembur pke klapa ma gula aren tp da yg blang jg pke saleb…bngung neh mw pke yg mna..solusiny d0nx..

    6. tyca
      Juli 12, 2009 pukul 2:47 am

      nie lagi kena cacar juga…sebenarnya kalo kita mandi bole gak c…..?ad efek laen g….?

    7. deny
      Oktober 1, 2009 pukul 8:46 am

      kallu herpes emang.a emang bisa meninggal???

    8. Juni 12, 2011 pukul 4:21 pm

      kalau herpes itu paling ampuh obatnya apa yah? temen aq ada yang kena soalnya.. jadi bingung kalau ada dia tuhh,,

    1. No trackbacks yet.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 1.755 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: