Beranda > Gejala dan Pencegahan Virus Berbahaya Pada Manusia > Pencegahan Virus TBC dan Gejalanya

Pencegahan Virus TBC dan Gejalanya

Penggunaan Vaksin BCG untuk Pencegahan Tuberculosis

(Indah Setiarini, S.Farm / 078115054)

Tuberculosis atau lebih sering disebut dengan TBC adalah infeksi kronis bakteri yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Sebagian besar orang yang terinfeksi oleh bakteri tuberculosis menderita TBC tanpa mengalami gejala, hal ini yang disebut dengan latent tuberculosis. Jika daya tahan tubuh mengalami penurunan karena usia, malnutrisi, infeksi seperti HIV, atau karena faktor lain, bakteri akan aktif dan menyebabkan active tuberculosis.

Siklus TBCBerdasarkan data WHO, setiap tahun, sekitar 8 juta orang di seluruh dunia mengalami active tuberculosis dan hampir 2 juta diantaranya meninggal dunia.

TBC seperti telah disebutkan sebelumnya disebabkan oleh bakteri yang disebut Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini biasanya menyerang paru-paru. Akan tetapi, bakteri tuberculosis juga dapat menyerang bagian lain tubuh seperti ginjal, spine, dan otak.

TBC menyebar melalui udara dari satu orang ke orang lainnya. Bakteri tuberculosis terdapat pada udara ketika orang dengan active tuberculosis mengalami batuk atau bersin. Orang-orang yang ada di sekitarnya mungkin menghirup udara yang mengandung bakteri ini dan selanjutnya menjadi terinfeksi.

Pada orang yang terinfeksi oleh bakteri tuberculosis, secara alamiah tubuh memiliki mekanisme pertahanan untuk melawan perkembangan bakteri. Akibatnya bakteri menjadi inaktif, tetapi masih tetap tinggal di dalam tubuh. Inilah yang disebut dengan latent tuberculosis. Pasien yang mengalami latent tuberculosis memiliki ciri-ciri:

1. Tidak mengalami gejala TBC.

2. Tidak merasa sakit.

3. Tidak dapat menyebarkan bakteri tuberculosis.

4. Biasanya pada PPD test (tuberculosis skin test reaction) memberikan hasil positif.

5. Pada beberapa kasus, dapat mengalami perkembangan menjadi active tuberculosis jika tidak menerima terapi.

Apabila pasien yang tidak menerima pengobatan, mengalami penurunan daya tahan tubuh maka latent tuberculosis akan berkembang menjadi active tuberculosis. Active tuberculosis adalah kondisi di mana sistem imun tubuh tidak mampu untuk melawan bakteri tuberculosis yang terdapat dalam tubuh, sehingga menimbulkan infeksi terutama pada bagian paru-paru. Gejala untuk active tuberculosis meliputi :

1. Batuk berkepanjangan selama 3 minggu atau lebih.

2. Nyeri pada bagian dada.

3. Batuk berdahak atau berdarah.

4. Penurunan berat badan.

5. Demam, menggigil, dan berkeringat pada malam hari.

6. Kelelahan dan kehilangan selera makan.

Diagnosis untuk TBC dapat dilakukan dengan Tuberculin test dan Uji mikrobiologi.

  1. Antonius_Dewanto_Purnomo,S.Farm.
    September 14, 2008 pukul 3:22 pm | #1

    Good

  2. manda
    November 16, 2008 pukul 5:45 am | #2

    bs g lbh lngkp n detail lg membahas ttg tbc….thanks

  3. April 22, 2009 pukul 4:01 am | #3

    thanks ya kak….da bantu aku buat tugas

    always spirit to make the others…..

  4. yon
    April 25, 2009 pukul 5:19 am | #4

    bs lebih detil lagi ga?

  5. Edi syah rudi
    Juli 19, 2009 pukul 12:03 pm | #5

    pak/bu bagai manakah cara pencegahan dan pengobatan tbc secara terapi di rumah sendiri ?

  6. tofa
    Agustus 6, 2009 pukul 4:03 am | #6

    kalau seumpama penderita tbc meninggalkan sisa makananya,apakah makanan tersebu tidak menular

  7. Nita Hidayat
    September 7, 2009 pukul 7:54 pm | #7

    Aku pengen tau lebih dalam tentang bisnis online! penegn banget dapet penghasilan tambahan lewat bisnis ini…..

  8. uci
    November 4, 2009 pukul 11:55 am | #8

    haduh, saya tuh pernah minum minuman bekas pembantu rumah. saya gak tau itu bekas dia. saya pikir itu baru. ternyata setelah saya minum, pembantu saya bilang kalau itu minuman miliknya. dan dia pengidap tbc. gimana yah? apakah virus tbc dapat langsung menular dengan cara seperti itu?

  9. November 30, 2009 pukul 5:51 am | #10

    bahayanya TBC bagi pasangan sumi istri??

    apakah jika salah 1 nya mengidap TBC, maka akan menularkan ke pasangannya?

    bagaimana dengan keturunannya?

    Thx

    • Desember 14, 2010 pukul 6:11 am | #11

      Ada kemungkinan besar dapat tertular, karena suami istri tinggal dalam 1 rumah dan sering kontak. Apalagi ketika hubungan suami istri (yang mengarah pada penularan bakteri tersebut). Hal ini sangat mudah sekali untuk tertular begitu juga dengan anaknya. Segera saja keluarga mengkonsumsi obat TB dan begitu juga anaknya segera cek awal

  10. ika imut
    Desember 20, 2009 pukul 3:22 am | #12

    menurut saya… penyakit tbc tidak ad kaitan dgn keturunan.bakteri sifatnya dorman. jdi untuk lbih baik rajin minum obat dgan istilah OAT.dan rajin ke dokter.jika daya tubuh manusia baik, saat terkena TBC dia tidak langsung menyerang tubuh.tapi jika daya tahan tubuh lemah dia akan langsung menyerang.terimakasih

  11. MARITO
    Januari 7, 2010 pukul 6:54 am | #13

    apakah ada virus TBC kulit ?
    Bagaimana cara pengobatannya ?
    trim’s

  12. April 26, 2010 pukul 11:43 am | #14

    cara mengobatin penyakit TBC gemana yah??

  13. abel
    Juli 2, 2010 pukul 2:30 am | #15

    selain pengobatan dari dokter ada cara lain g mengobati TBC ???????

  14. viedya
    Juli 8, 2010 pukul 9:52 am | #16

    ehm… Q mau tya nie,,
    qku kan pernah tes ksehatan, n qku d’prkirakan terkena TBC?? apa saja siy ciri2 pyakit TBC pdahal aku gk perna skit,btuk2 brkpanjangan pun gk prnah..
    apkah aku kmungkinan terkena?
    tlg blz d’email ku..
    please

    • tes
      Desember 14, 2010 pukul 6:25 am | #17

      kalo boleh tau tes kesehatan apa yang dilakukan??karena untuk mendeteksi seseorang terjangkit TBC?tidak memang dapat dilakuakn dengan beberapa pemeriksaan, sehingga meskipun secara fisik tidak merasakan ebrbagai gejala2 TBC pada umumya, ada kemungkinan mengarah k TBC, biasanya seh kami mengatakan hal itu dengan suspek TB

  15. putri
    Agustus 18, 2010 pukul 8:49 am | #18

    apa bahaya bagi keluarga penderita??? bagaimana caranya supaya orang yang ada di sekitar penderita tidak ditularkan???

    • Desember 14, 2010 pukul 6:15 am | #19

      Bahayanya adalah tertular bakteri tersebut.
      Yang dikendalikan adalah bagaimana pasien dikelola untuk tidak membuang sembarang dahak/riak. Diberikan tempat khusus (botol yang berisi detergen yang tertutup) utnuk membuang riak. Dan jangan buang riak tersebut di air, kamar mandi. Buang di tanah/halaman agar terkena matahari

  16. September 2, 2010 pukul 12:51 pm | #20

    mau tanya dong… Saya pernah mengidap tbc 2 tahun lalu.dan berobat secara rutin hingga sembuh… Apakah orang yg pernah mengidap TBC akan mudah terserang kembali?..

    • tes
      Desember 14, 2010 pukul 6:27 am | #21

      Mudahny seseorang terserang kembali dengan TB itu tergantung dari sejauh mana terpapar dengan lingkungan yang mengarah pada terjangkitnya kembali penyakit ini. Jaga kesehatan diri dan juga lingkungan ya.

  17. Anastasya .M.H.
    September 11, 2010 pukul 7:41 am | #23

    tnx k”
    udh bantu nyelesaikan tgs q,,,

  18. Maret 15, 2011 pukul 7:46 am | #24

    Aku mau nanya nih….
    Kn tmen q kna TBC wktu kcil… Tpi skrg mgkin Udh sembuh,,,
    truz baiknya aku gmna yha…
    Kn sering kntak,, brkmunikasi,,,,
    msa tba” aku ngejauhin dy, stlah aku tau dya pxa penyakit TBC wktu kcil….???
    Truz bgaimna pncgahan yg spesifik jka sseorng yg sdh trkna TBC ,, agar d kmudian hri TBC x tdk kmbuh lgi,,,
    trimmz… Mhon dbntu yhaa…

  19. April 19, 2011 pukul 7:13 am | #25

    aku lagi dpt tgas tentang tbc tapi aku blum nemu d situs tentang kelengkapan penyakit tbc dari awal proses terjadinya hingga rehabilitasi nya,,,
    aku boleh mnta tlng d situs mna yg paling lengkap tentang pmbahasan tbcnya??
    trmakasih,,,
    mhn bantuannya iia…

  20. warga
    Mei 26, 2011 pukul 1:00 pm | #26

    tbc oleh bakteri bro bukan virus

  21. neneng nd
    Juli 23, 2011 pukul 2:58 pm | #27

    dirumah saya ada yang mengidap tbc,,,,,saya sangat menjaga skli supaya anak sy tidak tertular,,,,apakah interaksi secara langsung dpt tertular juga

  22. LIK Sobat Mutiara
    Agustus 3, 2011 pukul 12:13 pm | #28

    Apa kaitannya penasun dengan TB..??

  23. tya
    September 21, 2011 pukul 8:25 am | #29

    selamat pagi.. saya mau tanya nich saya batuk2 sudah 2 mingguan, awal nya saya kena radang tenggorokan tpi setelah sembuh jadi batuk2.. batuk saya berdahak.. tpi yg sering kalau mlm hari, dan ketika bagun tidur pagi hari.. itu sering batuk2… nafsu makan saya tidak berkurang masih sering makan, kmdian saya jga tdk mengalami demam, tapi wkt kena radang tenggorokan sblm nya saya demam.. batuk apakah yg sdg saya alami,, mohon balas. terima kasih

  24. amang
    November 7, 2011 pukul 9:47 am | #30

    nanya om,ibu sy batuk da henti2 dan berobat ke dokter jg msh tetap.beliau jika menjelang malam suka merasa kedinginan,usia dah lanjut 78th.gejala tsbt terasa lebih2 jika sdng memikirkan sesuatu.apakah hal tsbt merupakan salah satu kemungkinan gejala tbc?apa yg harus segera saya lakukan u/ibu saya.trims..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.634 pengikut lainnya.

