Gejala & Pencegahan Herpes

HERPES

Cacar HerpesHerpes

sebenarnya hanyalah suatu penyakit bersifat gangguan temporer (sementara) dan umumnya dapat dicegah oleh setiap orang. Sebagai salah satu penyakit kelamin penularan herpes melalui oral dan kelamin. virus herpes terdiri dari 2 jenis yakni herpes simpleks tipe 1 dan herpes simplek tipe 2. Herpes simplek tipe 1, umumnya menginfeksi didalam dan disekitar mulut, sedangkan herpes simplek tipe 2, biasanya pada genital (alat kelamin), hingga disebut pula herpes genitalis.

Gejala penyakit herpes mirif dengan flu yakni dengan gejala pertama suhu badan akan meningkat, sakit pada kerongkongan, pening, kelelahan dan sebagainya yang umum pula terjadi pada orang demam. Gejala-gejala yang mengikuti herpes pada tahap pertama itulah, yang biasanya sering mendatangkan derita yang berat, karena sistim imun pada diri penderita atau orang yang terinfeksinya, umumnya memang tidak siap untuk memerangi infeksi yang timbul.

Pada tahap kedua akan muncul lepuhan-lepuhan kecil yang berderet-deret pada permukaan kulit, yang disertai rasa panas dan gatal, yang terkadang sangat menyiksa, tidak tertahankan untuk tidak menggaruknya. Herpes akan lebih cepat muncul apabila kulit sedang iritasi (luka-luka atau lecet), seperti halnya hubungan seks dapat pula menyebabkan timbulnya hespes kelamin, bila terdapat luka/lecet pada organ genetalia (alat kelamin pria atau wanita).

Bagaimana menghindarinya?

Untuk menghindari Penyakit Menular Seks seksual, yang paling mudah adalah tidak melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang telah terinfeksi PMS. Namun hal ini tentunya tidak mudah dilakukan. Dibawah ini kami mencoba menyampai upaya pencegahan antara lain sebagai berikut:

§ Selalu menjaga higienis ( kebersihan/kesehatan) organ genetalia (atau alat kelamin pria dan wanita secara teratur.

§ Setia kepada pasangannya, dengan tidak berganti-ganti pasangan.

§ Jangan lupa menggunakan kondom, bila pasangan kita sudah terinfeksi PMS

§ Mintalah jarum suntik baru setiap kali menerima pelayanan medis yang menggunakan jarum suntik.

Masih banyak penyakit menular seksual, seperti yang sedang menjadi perhatian kita semua seperti HIV/AIDS, yang akan kami sajikan pada penulisan berikutnya.

Sumber: Henry Kusnandar “Mengenal PMS”

About these ads
  1. Mei 2, 2008 pukul 10:36 am

    MAs Mana Kmntar Bwt Gw Jahat amat, amat ja Nda Jahat2 Bangt

  2. Mei 2, 2008 pukul 10:37 am

    Menurut Gw Ye…dahlah kalian semua para penggemar wanita insyaflah wahai manusia

  3. Q
    Desember 26, 2008 pukul 3:54 am

    begini lhoo…..
    saya punyasemacam perdangan pada kulit selangkangan.Saya sudah menderita penyaklit ini kurang lebih selama 1 bulan.Rasanya perih,panas,dan gatal,selain itu bila digaruk semakin menyebar,bekas lukanya juga hitam.
    Apakah yang saya alami itu penyakit herpes?
    Terus bagaimana pengobatannya????????????????

    • Desember 26, 2008 pukul 6:40 pm

      Biasanya siih klo tradisional di balurkan dengan minuman arak jawa pada kulit yang terkena herpes…Tapi kalau ingin medis dan lebih akurat tentang informasi penyakit nya, lebih baik ke dokter saja, diperiksa untuk hasil yang lebih akurat. karena gejala seperti anda hampir mirip dengan herpes.

  4. ferdian
    Januari 2, 2009 pukul 6:35 am

    minum acyclovir 400mg diminum 5 kali sehari dan acyclovir salep dioleskan setiap 3 jam. obatnya bisa dibeli di apotik terdekat.cukup murah kok(obat generik).jangan lupa periksa ke dokter juga.

    • Januari 2, 2009 pukul 11:49 am

      Waduuuh terima kasih banyak yaaa

    • Overdosis
      Juni 3, 2011 pukul 6:39 pm

      Jangan 5x, jadinya 2000mg, Gila! Maksimal 1600mg atau 4x, minimal 2x dan terus-menerus sampai obatnya habis. Salep dipakai hanya kalau ada peradangan / luka.

    • fajar
      September 19, 2013 pukul 9:43 pm

      Overdosis bro….200 mg 5 kali sehari aja.

  5. siti
    Februari 6, 2009 pukul 1:10 pm

    kalo gejalanya perih disekitar kemaluan trus timbul bisul bisul gitu dan sakit, apakah itu termasuk herpes?

  6. gigie
    Maret 6, 2009 pukul 9:07 am

    kalo di daerah vagina gatal” dan suka keluar cairan seperi susu dan bila d garuk sgt perih . itu pnykt apa ??

    • Maret 6, 2009 pukul 11:56 am

      waduuuh penyakit apa itu yaaa
      saya ga berani bilang
      karena saya bukan dokter, mungkin sahabat lain, yang lebih tau harap sharing tentang penyakit tersebut.
      Terima Kasih-

    • dokter gagal
      Mei 29, 2010 pukul 6:09 pm

      namanya keputihan…

      cepet2 aj ke dokter biar gag tambah parah….

      klo masi awal sih.. bisa di obati ama jamu2 tradisional,, tp klo dah lama bisa fatal!!

  7. Chev
    Agustus 10, 2009 pukul 1:12 pm

    Horny kali ye….

    Atau keseringan ML!!

    hAti2 aje, periksa ke dokter karena penyakit seperti itu berbahaya banget!! Kemarin aja temen aku punya keluhan kayak gitu meninggal setelah 6 bulan berobat!! Mungkin karena keseringan di garuk :D

  8. yoyom yohana
    Agustus 11, 2009 pukul 7:14 am

    emmm…………….
    separah itu ya,,
    tp kok penyakit itu nyerang kelamin juga c,,
    kan katanya kaya cacar..???

  9. Junu
    Agustus 20, 2009 pukul 12:56 pm

    saya punya perdangan pada kulit yang diwali dengan bintik2 seperti cacar pada sudut mata bagian kanan. Penyaklit ini sudah timbul sejak 5 hari lalu. bintik2 ini pecah dengan sendirinya dan sekarang sudah meradang, rasanya perih, panas dan gatal serta kepala bagian kanan selalu sakit. Tapi hany berlangsung sekitar 5-7 menit lalu berhenti dan kambuh lagi.
    Menurut mas, apakah itu namanya penyakit herpes?

  10. sarih
    September 8, 2009 pukul 7:42 am

    Apakah wanita yang belum menikah akan terkena virus ini? bagaimana cara pencegahan maksimal

  11. sarih
    September 8, 2009 pukul 7:44 am

    Apakah wanita yang belum menikah dan belum pernah melakukan hubungan intim dapat tertular? bagaimana cara pencegahannya

  12. Oktober 28, 2009 pukul 3:04 pm

    saya maw tanya klo orang yg blum prnah brhubungan (ML) apakah biza terkena herpes…??
    teruz di sekitar peniz saya ada gejala seperti herpes gatal n sangat perih…
    gmna cara pngobatan’a…??
    tolong di jawab,,,

  13. irul
    Januari 22, 2010 pukul 3:02 pm

    aku maw tanya mas,,,saya belum pernah berhubungan (ml) tapi kuk keluar bintik merh di tangan…apa itu hervest…

  14. rere merrylitha
    Februari 15, 2010 pukul 1:17 am

    Tahnks bgt ya bwat infonya
    berkat ini wa bsa presentasi degn baik
    Pokoknya thanks brat ok!!

  15. April 8, 2010 pukul 1:04 pm

    saya cowo 15 tahun,,,,,,,
    saya punya bintik2 merah di sekitar kemaluan saya( kepala penis) dan gatal rasanya,,,,,,,apakah itu herpes,,,dan jika ia to.long beri tahu cara ngatasinya ya,,,please

  16. April 20, 2010 pukul 5:30 am

    klo trjadi bntik mrah pda leher ..
    n kpala sya pusing , bdan pegal n kerongkongan skt
    n gatal2
    pa tu bs d’sbut dgn herpes jg ??

    • Juli 28, 2010 pukul 5:58 am

      itu mungking gejala hepes juga.. soalnya sya punya temen dan itu sama kayak yang km keluhin.. di leher hitam gitu.. gatal kan? tp mungki di leher bisa di hindari… jangan kena air.. berarti kalau mandi hindari di sebelah leher

  17. Mei 8, 2010 pukul 2:21 pm

    please,,,,beritau Q jawabannya

    sekarang bintik merah itu telah ada di sekitar leher kepala penis saya,,, dan rasanya semakin gatal ja????

    apa itu herpes????
    q takut ne….

  18. Sebastian
    Juni 5, 2010 pukul 4:48 am

    Herpes bisa disembuhkan gak? Soalnya saya pernah denger dari org” katanya herpes gak bisa disembuhin. Kalo bercak merahnya udh hilang itu bukan berarti sembuh, masih bisa keluar lagi tetapi pada bagian yang lain. Masalahnya adalah hal tersebut mungkin benar soalnya saya dulu pernah kena di tangan. 4 bulan kemudian kena di perut terus paha kanan ketepa. Hiks…

    • Agustus 17, 2010 pukul 10:14 am

      Bisa disembuhkan dengan penangan dokter… ;-)

    • fajar
      September 19, 2013 pukul 9:47 pm

      Penyakit herpes genital mulai 8 mei 2013 sudah bisa disembuhkan dengan memberikan vaksin D88+tsel. Coba baca di okezone.com edisi tgl 9 mei 2013.

  19. mexson
    Juli 21, 2010 pukul 2:43 pm

    saya belum pernah berhubungan intim, tapi ada bintik cairan yang gatal di sekitar paha saya dekat kelamin, mulanya kecil setelah beberap bulan melebar hingga sampai ke perut saya, apakah itu di namakan penyakit herves,,???
    tolong beri penjelasan,,,,,
    secepatnya…..
    trims,,,

  20. Juli 28, 2010 pukul 5:56 am

    ia… itu kaya sit sama gigie,, di sekitar kelamin. di (maaf ia sobat semua) di SLGKAngan?? itu juga ada kayak gt gatal kalo di garuk perih pas mandi perih banget kena air??? gi mana ia carae menghilanginya kawan???

  21. Juli 28, 2010 pukul 6:03 am

    to Chev_ ahaduhh masak ngeri gitu,,, sampi dead???

  22. cuties
    Agustus 1, 2010 pukul 3:39 pm

    Kalo dah kena herpes,gmn caranya ya biar g nularin pasangan n ank2 kita???

  23. claudya
    Agustus 11, 2010 pukul 12:40 pm

    maap..
    saya mw tnyak..
    adek saya pnya seorng tman …
    tman nyaa itu , d bgian klit nyaa mnglupas dan brwna khitaman..dan sukak gtal-gatal, n mngeluarkan nanah n darah..stelah di cek k dokter trnyta dya trkna pnyakit herpes..
    apaa it bnar trkna pnyakit herpes ???

    naah ,, bgaimna craa mncgah pnyakit itu n mnymbuhkn nyaa ???
    apaakah tman adek sya it klit nya bsaa d smbuhin ???
    apaa gjalaa”n tndaa”pnyakit herpes ituu ??

    tlong d jwab yaa..
    thnks …

  24. faizah
    September 5, 2010 pukul 12:30 pm

    usia sy msh 16 thn n blom nkh tp sy sering gtl2 d bagian 5f ya ketiak n paha lo’ d grk mgluarkan air. dan sdh sy obatin dan tu sembuh kmdian slng be2rp hari kmbh lagi sy tkt tu pxkit herpes genetalis..dan apa yg sbikx sy lakukan tuk mencegahx. tolong d jwb ya

  25. lenna
    September 22, 2010 pukul 4:05 pm

    hi teman.. aku mau ngasih info aja nih..

    aku punya keluhan yg mirip dgn gejala herpes. gini ceritanya, setelah terakhir berhubungan badan sm si dia, besoknya aku langsung keputihan sampe 7bulanan, terus setelah aku cukur bulu2 di vagina dan ternyata luka, timbul lah bintil2 kecil. kemarin aku kedokter dan dia tanya bintil2 itu sakit, gatal, berasa panas gak? ya aku jawab sedikit gatal. nah dokternya bilang, saya fikir itu virus, belum tentu herpes jd dikasih lah itu aku obatnya tuh dokter.. dan ampuh kok. dokternya bilang, virus dalam diri kita itu gak bs mati cuma tidur (herpes itu dr virus), tapi selama sistem imun kita ok, sering minum vitamin+olahraga+makan makanan yg sehat ya kita akan baik2 aja. gak sampe buat meninggal kok asal langsung ditanganin oleh dokternya (bs ke dokter kandungan/kulit dan kelamin untuk kasus herpes ini). nah buat yg baca2 diinternet anaknya bs cacat dan punya herpes juga ya itu kehendak Allah tp sudah ada kok tim medis yang memaksimalkan dgn vitamin2 dan melahirkan dgn sesar.

  26. adhe melinda
    Oktober 25, 2010 pukul 8:12 pm

    emmppp …

    mnakutkhan in pnyakitt …

    thank’s atass info’y …

  27. Januari 31, 2011 pukul 2:04 am

    Pakai salep pi kang shuang (klo ga salah tulisannya), bisa di beli d warung” ko n harga’a juga terjangkau banget..
    coba pake tu ya sebelum”a sih temenku pakai itu sembuh, mudah”an kalo kalian pakai ini bisa cepet sembuh.. amin
    *tapi kalo tidak kunjung sebuh jga, ke dokter aja
    (semuanya juga kembali kepada diri kalia sendiri)

  28. reman
    Januari 31, 2011 pukul 3:01 am

    Kalau saya ada muncul bintik” kecil sperti jerawat di buah zakar,cuma tidak gatal dan tidak nyeri..
    Kira” apa ya?

  29. sagab
    Februari 13, 2011 pukul 9:39 pm

    ada referensi obat buat herpes..
    yaitu die da yao jing..
    bisa dibeli disinsei (toko obat-obat cina)

  30. Mei 2, 2011 pukul 9:19 pm

    q mau nya,,
    niie obat na phaan ea????
    kta dokter c cma di ksh obat tdr virus na jj,,
    tp q pgn tahu pha kah isa smbuh total ea??????

    tyuz pha kah q isa kawin and pnya anak suatu saat nanti?????????
    pha kah nanti anak na jd cacat nda????
    plis ksh tahu jwbn dari email q jj,,

  31. phe2h
    Mei 11, 2011 pukul 5:36 pm

    saya pengidap penyakit herpes,sy sdh berkeluarga..sy takut istri sy tertular..tpi sejauh ini istri sy gk ada keluhan,padahal sy gk pernah menggunakan kondom wkt brhubungan..tpi itu di lakukan sewaktu alat vital sy lg dlm keadaan gk brmasalah..klo misal alat vital sy lg brmasalah bs menular gk ya dok?

  32. phe2h
    Mei 11, 2011 pukul 5:47 pm

    apakah penyakit herpes bs di sembuhkan??

  33. Qori Ardina
    Agustus 2, 2011 pukul 7:43 pm

    didekat lutut saya ada bintikbintik merah dan sering gatal . Apa bisa disembuhkan ? Dengan cara apa ? Tolong kasik tahu jawabannya , saya takud banget nih .

  34. Qori Ardina
    Agustus 2, 2011 pukul 7:45 pm

    didekat lutut saya ada bintikbintik merah dan sering gatal .Apa itu bisa disebut juga penyakit herpes ? Apa bisa disembuhkan ? Dengan cara apa ? Tolong kasik tahu jawabannya , saya takud banget nih .

  35. Oktober 5, 2011 pukul 10:37 am

    q juga punya keluhan yang gejalanya mirip dengan gejala harvest.
    q jd takut jgn sampai dah tertular ma suami n anak n suami aq coz gejala ni timbul waktu aq msh gadis

  36. adenia listquwiyh
    Oktober 28, 2011 pukul 12:29 pm

    kenapa harus disebabkan karena hubungan intim ???
    padahal setau aku herpes itu kan virus yang kotor , jenisnya seperti cacar air ..
    saya sekarang penderita herpes .. padahal saya tidak pernah sama sekali melakukan hub intim .. tapi bisa terkena penyakit itu .. apa yang menyebabkan ya ???

  37. jeni
    Oktober 31, 2011 pukul 7:51 pm

    saya terkena herpes di bagian punggung ,, apakah bisa terjadi di alat vital saaya jga?

  38. ramdhan
    November 16, 2011 pukul 6:46 pm

    antivirus untuk herpes apa?

    • fajar
      September 19, 2013 pukul 9:35 pm

      Acyclovir sehari 5 kali. Dosis 200 mg per tablet

  39. cheche
    Desember 12, 2011 pukul 6:00 am

    didaerah kemaluan saya ada pernah kayak bisul gt pa itu trmsuk herpes

  40. Januari 3, 2012 pukul 5:37 am

    herpes merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja dan tak mengenal umur..herpes atau cacar air ada dua simplek dan hosper….tapi tidak semua bintik cair yang tumbuh pada kulit di sebut herpes..gejala herpes mirip demam bahkan timbul juga rasa nyeri kronis kl sudah menyerang sistem per syarapan..untuk obat yang tadi ada yang bilang asiclovir tablet ..itu biasanya di beri pada pasien herpes genetalia…untuk herpes di luar genetalia biasanya cukup dengan antibiotik ..vitamin neurobion..anti imuno..

  41. Januari 3, 2012 pukul 5:41 am

    herpes merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja dan tak mengenal umur..herpes atau cacar air ada dua simplek dan hosper….tapi tidak semua bintik cair yang tumbuh pada kulit di sebut herpes..gejala herpes mirip demam bahkan timbul juga rasa nyeri kronis kl sudah menyerang sistem per syarapan..untuk obat yang tadi ada yang bilang asiclovir tablet ..itu biasanya di beri pada pasien herpes genetalia…

  42. fajar
    September 19, 2013 pukul 9:33 pm

    Penyakit herpes genital mulai 8 mei 2013 sudah bisa disembuhkan dengan memberikan vaksin D88+tsel. Coba baca di okezone.com edisi tgl 9 mei 2013.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.755 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: